Programming, tutorials, mechatronics, operating systems, and other tech stuff

Transfer file melalui jaringan di ubuntu menggunakan SSH dan File Manager

1 comment
Banyak cara untuk melakukan transfer file melalui jaringan di linux ubuntu, bisa dengan samba server, http server, ftp, sftp, dan lain-lain. Salah satu diantaranya yang paling mudah dan yang akan saya bahas kali ini adalah dengan menggunakan SFTP ( SSH File Transfer Protocol ). Yaitu transfer file melalui SSH.

Syarat utama untuk SFTP ini adalah:

  1. Jaringan sudah diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan masing-masing komputer untuk melakukan ping.

  2. SSH server pada komputer yang akan diakses harus sudah terinstall, aktif, dan dapat diakses / login dari komputer lain. Untuk panduan instalasi SSH Server, dapat anda baca di artikel Cara Mengaktifkan dan konfigurasi SSH Server di ubuntu

  3. Aplikasi file manager seperti nautilus, nemo, thunar, dll.(dalam contoh ini saya gunakan Nautilus bawaan ubuntu) sudah terinstall di komputer client yang hendak mengakses.


Meng-koneksikan file manager ke SFTP


Langkah pertama, Buka file manager (dalam contoh ini nautilus).

Cara 1


lalu klik menu file (atau context-menu / tombol gir di pojok kanan atas untuk nautilus release terbaru). Kemudian klik menu "Connect to server... " seperti gambar berikut:

sftp0Kemudian pada dialog connect to server, masukkan alamat tujuan dengan protokol sftp. Dalam contoh gambar berikut saya menggunakan alamat 192.168.6.2 , jadi alamatnya: sftp://192.168.6.2

sftp3Kemudian klik tombol "Connect". Lalu akan muncul dialog login seperti gambar berikut, isikan username dan password ssh server komputer tujuan.
Jika setelah di klik "Connect" tidak terjadi apa-apa, kemungkinan alamat yang anda masukkan tidak dapat diakses. Pastikan bahwa alamat ip tersebut bisa di ping dan terdapat SSH server berjalan di komputer tersebut.

Apabila SSH server komputer tujuan menggunakan port tcp selain port default ssh (port 22), maka tambahkan alamat port setelah IP, dipisah titik dua (:) misalnya sftp://192.168.6.2:1234

sftp2Lalu klik tombol "Connect". Dan tunggu hingga proses login berhasil, maka nautilus akan membuka direktori home dari user yang anda gunakan untuk login.
Untuk masuk ke direktori lain semisal /, /var/www, /etc, tekan "Ctrl+L", lalu pada address location bar, hapus alamat yang mengarah ke direktori home. Contoh: sftp://192.168.6.2/home/asudahlah menjadi sftp://192.168.6.2/ atau sftp://192.168.6.2/var/www

Cara 2


Cara ini lebih simple daripada yang pertama. :D yaitu anda tinggal tekan "Ctrl+L", lalu masukkan alamat IP tujuan beserta protokolnya seperti sftp://192.168.6.2/, kemudian tekan enter. Dan akan muncul dialog login dan langkah selanjutnya bisa anda baca di Cara 1. :D That's it.

Catatan


Sama seperti FTP, cara ini menggunakan client dan server. Dimana client dapat mengakses server, tapi tidak sebaliknya. Akan tetapi, anda tetap bisa menghapus, membuat, mengirim, dan mengambil file tergantung dari hak akses user yang anda gunakan saat login.

Pada file manager, koneksi yang barusan anda buat akan dianggap sebagai sebuah direktori yang seolah-olah di mount dan biasanya ditampilkan pada sidebar.

1 comment :

  1. Affecting! Such a pulling in and obliging post this is. I super love it. It's so overpowering everything considered impacting. I am on a perpetually central level mixed. thesis help

    ReplyDelete