Programming, tutorials, mechatronics, operating systems, and other tech stuff

Buat, edit, dan mainkan tabulature guitar pro di linux dengan TuxGuitar

No comments
Bagi anda para gitaris yang sudah kenal dan biasa memainkan tabulature dengan aplikasi Guitar Pro di windows, maka di linux ada versi alternatifnya yg open-source, yaitu TuxGuitar. Hebatnya, aplikasi open-source ini mendukung format ekstensi file tabulature PowerTab, Guitar Pro 2, Guitar Pro 3, Guitar Pro 4, dan Guitar Pro 5. Jadi kita bisa mendownload dan memainkan tab gitar dari berbagai macam situs.

Selain mendukung banyak format, TuxGuitar juga dilengkapi dengan fitur export kedalam file MIDI, PDF, dan teks biasa(ASCII). Sehingga memungkinkan untuk men-sintesis ke dalam aplikasi lain(fruity loop, rosegarden atau muse) dan mencetak tabulature.

Instalasi dan Konfigurasi TuxGuitar di Linux Ubuntu


Aplikasi TuxGuitar sudah ada di repository ubuntu, anda hanya tinggal menginstall menggunakan software center, synaptic (di section Multimedia/universe), maupun melalui terminal dengan perintah berikut:

[code lang="bash"]sudo apt-get install tuxguitar[/code]

atau anda bisa mendownload dari website resminya di http://tuxguitar.herac.com.ar/download.html, disana juga terdapat installer TuxGuitar untuk windows dan mac os.
Versi tux guitar yang saya install disini adalah versi 1.2

Berikut adalah tampilan awal dari TuxGuitar.

Screenshot from 2015-08-03 19:53:15TuxGuitar secara default menampilkan music score, tabulature, dan fretboard.

Berikutnya kita atur konfigurasinya supaya bisa memainkan tabulature. Klik menu Tools > Settings, lalu klik tab Sound di paling bawah, kemudian pada drop-down MIDI Port, pilih Gervill.

Jika tidak ada pilihan Gervill, Install dahulu Java sound API untuk TuxGuitar dengan perintah:

[code lang="bash"]sudo apt-get install tuxguitar-jsa[/code]

Setelah itu, tutup window "Configure Tuxguitar", lalu klik "Yes". Sekarang coba mainkan tabulature dengan klik tombol Start pada toolbar. Silahkan mendownload tabulature dari situs guitar pro, ultimate guitar, atau situs-situs lain terserah anda.

Sebagai contoh, saya memainkan tabulature Dream Theater - On the backs of angels

Tutorial singkat penggunaan TuxGuitar


Mengubah tabulature


Sebelum mengubah tabulature, sembunyikan music score terlebih dahulu agar kita lebih leluasa. Dengan menghilangkan centang pada menu view > view Score.

Untuk mengubah tabulature, klik pada tabulature hingga muncul kursor berupa persegi seperti gambar berikut:

tampilan tabulatureLalu klik pada fretboard keynote yang diinginkan misalnya seperti gambar berikut:tampilan fretboardDan hasilnya :

tampilan tabulature2


Meng-export tabulature menjadi PDF dan teks


Setelah edit tabulature, agar kita mudah untuk ber-gitar dengan lebih nyaman tanpa harus menghadap layar komputer, alangkah baiknya jika kita cetak tabulature-nya. Untuk mencetaknya, ada dua cara yg paling mudah. Pertama menggunakan PDF, yang kedua menggunakan file teks. Saya lebih suka cara pertama karena lebih praktis.

Untuk mengekspor kedalam bentuk teks, klik menu File > Export > Export ASCII. Kemudian pilih tempat untuk menyimpan hasil eksport. Hasil Eksport biasanya berformat .tab dimana bisa anda rename menjadi .txt karena pada dasarnya file tersebut hanya memuat teks karakter ASCII saja.

Untuk mengekspor kedalam bentuk PDF, klik menu File > Export > Export PDF. Disini, muncul window Options.

export pdf option

Pada dropdown "Track", pilih track yang akan di ekspor karena biasanya satu file dapat memuat beberapa track seperti lead guitar, rythm guitar, bass, atau distortion guitar.

Pada "Range", kita bisa menentukan jumlah bagian tab yang di ekspor, biarkan default untuk mengekspor dari awal sampai akhir.

Pada "Options", kita bisa menentukan apa saja yang dicetak. Misalnya kita hanya memerlukan tabulature saja, maka centang "Show Tablature", dan hilangkan centang yg lain.

Lalu klik OK dan pilih tempat untuk menyimpan.

Catatan Tambahan


Dalam contoh ini, kita menggunakan java sound API (Gervill) untuk memainkan tabulature, dan bunyi yang dihasilkan menjadi kurang menarik. Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan synthesizer lain untuk meng-sintesis suara gitar yang lebih mendekati bunyi gitar sungguhan.

Salah satu synthesizer yang populer di linux adalah fluidsynth, menggunakan tampilan gui QSynth. yang akan saya bahas di artikel berikutnya.

No comments :

Post a Comment