Programming, tutorials, mechatronics, operating systems, and other tech stuff

Desain website, animasi, banner iklan berbasis html5 dengan Google Web Designer untuk linux dan windows

No comments
Google web designer adalah program untuk membuat website dan iklan interaktif berbasis html 5. Dimana kiita bisa membuat konten dengan drawing tools, text, 3D Object, animasi seperti flash tapi berbasis html 5 dan hasilnya berupa html, css dan javascript. Terdapat juga tools untuk transformasi 3D, timeline dan tweening untuk memudahkan dalam meng-animasi.
Jadi kita bisa membuat slide show, iklan, banner, google Ad, tanpa menggunakan flash dan hasilnya dapat langsung kita cantumkan pada web/blog.

google web designer

Aplikasi ini hadir dalam bentuk repositori, dimana dalam repositori tersebut juga memuat produk-produk google lainnya untuk linux. Untuk saat ini(saat artikel ini dibuat), Google Web Designer sudah mencapai versi release beta 1.2.1. Sudah saya coba di ubuntu 14.04 dan berhasil. Sayangnya, untuk dukungan browser masih lebih mengarah ke browser-browser berbasis webkit seperti google chrome.

Install Google web designer


Silahkan download installer langsung dari website google web designer disini.

Sesuaikan download dengan os yang anda gunakan. Kemudian, setelah selesai di download. Jalankan installer seperti menginstall aplikasi pada umumnya.

Untuk Linux


Untuk linux, menginstall google web designer secara otomatis juga menambahkan repositori untuk google. Jadi anda juga akan mendapatkan update-update terbaru dari produk google lainnya.

Anda dapat mendownload installer baik .deb maupun .rpm dari website google web designer. Atau install dengan 3 baris perintah terminal berikut :

[code lang="shell"]
wget -O google-webdesigner_i386.deb https://dl.google.com/linux/direct/google-webdesigner_current_i386.deb
sudo dpkg -i google-webdesigner_i386.deb
rm google-webdesigner_i386.deb  [/code]

Jika anda menggunakan arsitektur linux 64bit, maka ganti "i386" dengan "amd64".

Catatan untuk pengguna linux


Terkadang google web designer bermasalah jika diinstall di sistem yang non-english. Untuk mengatasinya, hapus folder google web designer di direktori home  ~/.local/share :

[code]rm -r ~/.local/share/google-web-designer[/code]

dan jalankan google web designer dengan perintah berikut:

[code]LANGUAGE=en_US google-webdesigner[/code]

No comments :

Post a Comment