Programming, tutorials, mechatronics, operating systems, and other tech stuff

Install dan konfigurasi compiz untuk xfce4 di ubuntu/xubuntu

1 comment
XFCE4 adalah salah satu dari sekian banyak desktop environtment untuk sistem operasi linux. Keunggulan dari desktop environtment ini adalah dapat di-kustomisasi secara mudah dan cukup ringan jika dibandingkan dengan desktop envrontment lain yang terkenal seperti gnome dan kde.

Xfce sendiri memiliki window manager dan desktop compositing bawaan yaitu xfwm, dimana seringkali menyebabkan pengguna xfce cepat bosan karena fiturnya yang itu-itu saja.Alangkah baiknya jika xfwm bawaan xfce digantikan dengan compiz yang memiliki berbagai macam fitur dan kemampuan yang menarik.

compiz

Nah, pada posting kali ini saya akan membahas tentang cara instalasi dan konfigurasi compiz untuk menggantikan xfwm di xfce. Sebelum beralih ke compiz, pastikan terlebih dahulu bahwa hardware anda, terutama hardware grafis, mampu untuk menjalankan compiz. Saya rasa hardware-hardware saat ini tidak ada masalah akan hal itu.

Instalasi Compiz dan kebutuhannya


Pastikan pc anda sudah terinstall ubuntu dengan desktop environtment xfce dan dapat berjalan lacar tanpa masalah.

Langkah pertama yaitu install compiz, compiz-plugin, ccsm dan metacity:

[code]sudo apt-get install compiz compiz-plugins compizconfig-settings-manager metacity[/code]

setelah instalasi selesai, kita perlu mengaktifkan beberapa plugin compiz agar compiz dapat berjalan dengan benar. Buka ccsm (compiz config settings manager) melalui launcher atau melalui terminal dengan perintah "ccsm" sebagai user biasa(bukan root).

Klik "OK" jika muncul kotak notifikasi.

compiz2

Lalu aktifkan (tandai centang disamping) plugin-plugin berikut :

  • Composite

  • Gnome Compatibility

  • OpenGL

  • Window Decoration

  • Move Window

  • Resize Window

  • Place Windows


Silahkan anda aktifkan plugin-plugin lainnya yang anda sukai misalnya desktop cube atau animation. Tapi jangan mengaktifkan "Unity plugin".

Setelah selesai, jalankan perintah berikut untuk mencoba compiz :

[code]compiz --replace ccp[/code]

Jika tidak ada masalah atau error, maka desktop anda akan tampil sebagaimana mestinya. xfce anda berjalan menggunakan compiz, bisa anda coba enable-disable plugin lain yg ada di compiz config settings manager untuk melihat hasilnya.

Saat ini anda menggunakan compiz, akan tetapi setelah restart atau jendela terminal yg menjalankan compis di close, xfce akan kembali menggunakan xfwm. Untuk mengubahnya, buka setting manager melalui launcher, Session and Startup, pada tab "Application autostart", klik tombol "Add", lalu tambahkan perintah berikut pada kolom command :

[code]compiz --replace[/code]

Kemudian restart pc anda.

Jika suatu saat anda tidak ingin menggunakan compiz, atau ketika tiba-tiba compiz bermasalah, anda bisa kembali menggunakan xfwm dengan men-disable entry compiz yang anda buat tadi pada session and startup.

1 comment :